31 C
Demak
2 July 2023
spot_img

Ganjar Tekankan Pentingnya Koordinasi Antardesa untuk Tuntaskan Pembangunan

Semarang, Demaknews.id – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menekankan pentingnya gotong royong dan koordinasi antardesa dalam pembangunan desa. Gotong royong dan koordinasi diperlukan agar setiap pembangunan dapat diselesaikan hingga tuntas, terutama terkait infrastruktur.

Dia mencontohkan, misalnya pembangunan jalan poros desa yang menghubungkan satu desa dengan desa lainnya.

“Koordinasi antarwilayah atau antardesa itu penting. Kan jalan poros desa itu menghubungkan antardesa, karena menghubungkan antardesa ya sudah gunakan dana desa sampai di wilayahnya. Nanti desa sebelah juga, desa sebelahnya juga,” kata Ganjar, Sabtu (28/1/2023).

Baca juga : Silaturahmi Jadi Cara Ganjar Mendengar dan Mencari Solusi Bersama Masyarakat

Sebelumnya, Ganjar mendengarkan aspirasi dari Kepala Desa Nyemoh tentang pembangunan jalan poros desa yang tidak terselesaikan. Padahal jalan poros tersebut menghubungkan wilayah Desa Nyemoh dengan Desa Tempuran.

“Iya, itu aspirasi masyarakat dari warga, jalan poros desanya nggak selesai. Ini soal regulasi yang biasanya pemerintah daerah suka takut. Maka diusulkan saja serentak. Gunakan dana desanya. Kurang duitnya nanti minta bantuan kabupaten, kurang duitnya minta bantuan dari pemprov,” jelasnya.

Ganjar juga meminta agar penyelesaian pembangunan jalan poros desa direncanakan bersama dengan desa tetangga. Melalui perencanaan matang yang dilakukan bersama, maka gotong royong dalam membangun infrastruktur antardesa dapat dituntaskan.

“Nah tinggal perencanaan dilakukan dengan koordinasi yang baik sehingga satu ruas itu diselesaikan tuntas. Tuntas gitu. Dengan tuntas itu sebenarnya kalau ada regulasi yang katakan tidak pas, alokasi-alokasi yang sudah direncanakan awalnya tidak untuk di wilayah itu sebenarnya bisa usul untuk digeser,” katanya.

Penggeseran alokasi dana bantuan tersebut menurut Ganjar dapat dilakukan. Ia akan memberikan izin, asalkan penggunaan dana bantuan itu benar-benar untuk kepentingan masyarakat. Ganjar ingin pelayanan birokrasi dipermudah agar pelayanan kepada masyarakat dapat maksimal.

“Apakah ini bisa digeser, karena ini penting untuk layanan masyarakat, nanti akan kami izinkan. Sebenarnya pola-pola birokasi yang memudahkan itu musti kita dorong, kan musti direform,” kata Ganjar. (03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img