29 C
Demak
25 January 2023
spot_img

Komisi V Soroti Jalan Pantura Demak Banyak Lubang

Demak, Demaknews.id – Wakil Ketua Komisi V DPR RI Roberth Rouw bersama rombongan berkunjung ke Kabupaten Demak meninjau infrastruktur spesifik Kota Wali.

Ditanya soal jalan nasional atau Pantura terutama yang ada di Kabupaten Demak, Roberth mengatakan akan mengoreksi ulang kualitas pembangunan jalan.

“Ini akan selalu menjadi topik kita di dalam rapat, membuat jalan-jalan kita begitu memprihatinkan tapi kita juga akan mengoreksi kembali terkait kualitas pembuatan jalan,” katanya Kamis (19/1/2023).

Baca juga : Banjir Mulai Surut Pantura Semarang Demak Kembali Bisa Dilewati

“Karena kita tahu dalam tender pembuatan jalan ini banyak terjadi nilai yang seharusnya sesuai dengan apa yang sudah dianggarkan kita tahu itu sangat minim,” imbuhnya.

Sementara terkait jembatan timbang yang selama ini dinonaktifkan perlu difungsikan lagi agar truk odol tidak memperoleh kondisi jalan Pantura Demak karena melebihi batas muatan.

“Saya kira itu harus, kalau kita mau ada penyelamatan itu haru ada penyelesaian, penyelesaian seperti apa kita mau melarang tanpa ada para meter boleh dan tidaknya ya satu-satunya adalah jembatan timbang,” paparnya.

Kendati demikian, untuk saat ini jalan nasional Pantura seharusnya tidak mudah rusak karena volume kendaraan yang ada berkurang dengan adanya jalan tol.

“Harusnya jalan Pantura tidak terlalu terbebani karena banyak tol, tol sudah ada. Kita lihat dalam hari-hari raya itu sudah tidak terjadi kemacetan karena jalan Pantura sudah tidak terlalu terbebani sekarang bagaimana melakukan pengawasan terhadap trek trek tonase,” paparnya.

Roberth menambahkan, untuk meminimalisir kerusakan di jalan Pantura ia menilai jembatan timbang perlu diaktifkan lagi. Namun dengan teknologi digital sehingga tidak terjadi transaksi atau pungli seperti yang sudah-sudah.

“Saya kira ke dapan kita butuh jembatan timbang, tapi saya kira ke depan sudah ada teknologi sehingga mobil itu tidak perlu masuk dulu ke situ dan terjadi transaksi dan sebagainya, elektronik sudah ada itu dia boleh lewat silahkan tapi datanya sudah ada itu tonasenya, lebar truk muatannya berapa,” tukasnya. (Zaidi-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img