26 C
Demak
26 January 2023
spot_img

Aini Ubah Opak Jadi Stik Singkong

Temanggung, Demaknews.id – Aini (42) bersama suaminya, Slamet (51), warga Salamsari, Kecamatan Kedu, Temanggung menjajal inovasi pengolahan singkong sebagai ladang usahanya di masa pandemi. Singkong yang biasanya diolah menjadi lenteng atau opak, diubah menyerupai cheese stick (stik keju) agar mendapatkan sensasi berbeda.

Diceritakan Aini, usahanya dulu memang pembuat lenteng atau opak, akan tetapi perputaran modalnya dirasa kurang cepat. Sehingga Aini bersama suami memutar otak, dan menemukan inovasi mengubah opaknya menjadi stik singkong.

“Bersama suami itu kita mikir-mikir, kira-kira apa ya yang bisa dilakukan agar lebih laris. Akhirnya, tercetusnya gagasan untuk membuat cheese stick singkong,” ungkapnya, belum lama ini.

Baca juga : Tujuh Makanan Khas Banyuwangi yang Namanya Unik

Aini dan suami sangat bersyukur, karena dengan inovasinya ternyata lebih banyak permintaan dibandingkan sebelumnya. Usaha yang digelutinya lebih dari setahun itu bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Termasuk membayar biaya sekolah anaknya yang masih di tingkat Sekolah Menengah Pertama.

Adapun kendala yang dialami Aini selama setahun terakhir, yaitu naiknya harga minyak serta cuaca yang tidak menentu. Karena dalam pembuatan stik singkong, membutuhkan penjemuran langsung di bawah panas matahari sebelum dilakukan pemotongan untuk kemudian digoreng.

Sebanyak 25 kilogram singkong dapat dihabiskan Aini setiap hari, untuk membuat makanan tersebut. Penjualan stik singkong Aini masih sebatas wilayah Temanggung yang dibawa oleh sales, serta dititipkan ke warung-warung sekitar rumahnya, dengan kemasan paling kecil 230 gram.

“Biasanya dalam satu kali produksi, bisa jadi 50 bungkus kemasan dua ons lebih,” imbuhnya.

Aini berharap, usahanya bisa lebih ramai dan bisa memperbesar produksi, sehingga dapat menciptakan lapangan pekerjaan di lingkungan tempat tinggalnya. Karena selain stik singkong, Aini bersama suaminya juga memproduksi singkong krispi dan kripik tempe. (Sumber Pemprov Jateng)

Related Articles

- Advertisement -spot_img