32 C
Demak
28 September 2022
spot_img

Apakah Ibu Hamil Tidak Boleh Minum Kopi, Begini Penjelasan Dokter

Jakarta, Demaknews.id – Benarkah ibu hamil tidak boleh minum kopi? Yuk Tanya Dokter untuk tahu kebenarannya.

Ibu hamil kerap dilanda ketakutan karena perilaku dan gaya hidupnya bisa mempengaruhi perkembangan janin di dalam kandungan. Termasuk ibu hamil tidak boleh minum kopi, benarkah?

Dokter Kandungan Primaya Hospital Bekasi Timur, dr. Nina Matina Somad, Sp.OG mengatakan senyawa fenol dalam kopi bisa menghambat penyerapan zat besi untuk ibu hamil.

Sedangkan ibu hamil sangat membutuhkan asupan zat besi lebih banyak dari biasanya, karena selain untuk kebutuhan dirinya, zat besi juga dibutuhkan janin di dalam kandungan.

Baca Juga: Buat Ibu Hamil, Hindari Enam Jenis Makanan Ini

Mengutip Hello Sehat, Rabu (21/9/2022) kekurangan zat besi parah dapat berisiko kematian pada bayi, baik saat di kandungan maupun setelah dilahirkan.

Ini karena pembentukan protein dalam sel darah yang membawa oksigen ke seluruh tubuh, yaitu hemoglobin memerlukan zat besi, sehingga kekurangan zat besi bisa menghambat proses pertumbuhan janin.

Lantas, berikut ini petikan wawancara tanya dokter hubungan ibu hamil dan kopi menurut dr. Nina.

Jadi, benar nggak sih dok, ibu hamil tidak boleh minum kopi?

Ibu hamil boleh minum kopi dengan takaran tertentu, yaitu 200 miligram (mg) per hari.

Apa kategori ibu hamil yang tidak boleh minum kopi?

Tapi ibu hamil muda yang mengalami mual, muntah dan nyeri ulu hati, sebaiknya menghindari minum kopi jenis tertentu yg kadar keasaman-nya agak tinggi.

Benarkah minum kopi untuk ibu hamil bikin zat besi untuk janin jadi terhambat?

Zat besi sulit diserap oleh tubuh ibu hamil yang minum kopi melebihi jumlah yang ditolerir, karena ada senyawa fenol dalam kopi. (Suara.com)

Related Articles

- Advertisement -spot_img