34 C
Demak
28 September 2022
spot_img

Warga Berebut Gunungan, di Haul Ki Ageng Tarub

Grobogan, Demaknews.id – Ratusan warga dari berbagai desa berebut gunungan hasil tani saat Peringatan haul Ki Ageng Tarub, di lapangan Desa Tarub, Kecamatan Tawangharjo, Kabupaten Grobogan, belum lama ini. Tiga gunungan hasil tani yang diarak ludes dalam tiga menit. Gunungan hasil tani itu diarak dari Balai Desa.

Tiga gunungan itu dibuat berbeda. Satu gunungan berbahan hasil pertanian seperti kacang dan terong, satu gunungan lainnya khusus berisi buah belimbing. Buah itu dipilih karena wilayah tersebut merupakan sentra buah belimbing. Sementara satu gunungan lain berisi hasil olahan berupa jajanan pasar seperti apem.

Gunungan berisi hasil pertanian itu diarak dari balai desa menuju lapangan dengan diiringi puluhan warga, mulai dari siswa sekolah, perwakilan Keraton Solo hingga warga umum. Sebagian memakai kostum layaknya karnaval.

Baca juga : Ratusan UMKM Ikuti Pekan Raya Grobogan

Sementara jauh sebelum gulungan tiba, sejak pukul 13.30 WIB warga sudah memadati lapangan. Mereka berbaris di pinggir jalan. Sementara sebagian besar warga lainnya di lapangan, bersiap berebut gunungan saat para pembawa gunungan memasuki lapangan.

Kepala Desa Tarub Ali Maskuri menyebut pelaksanaan itu digelar tiap tanggal 15 safar. Perayaan kali ini yang pertama usai vakum selama pandemi Covid-19.

Menurutnya acara haul digelar sejak Minggu (11/9/2022). Dimulai khotmil Alquran dan istighosah.

“Kemudian dilanjut pada Senin (12/9/2022), aacara dimulai dengan kirab dari pukul 13.00 WIB-15.00WIB. Kirab dimulai dari balai desa hingga lapangan. Kemudian dilanjut dengan wilujengan pada pukul 15.00 WIB-17.00 WIB di makam,” ujarnya.

Sri, salah satu warga setempat menyebut nekat ikut berbaur berebut gunungan karena percaya akan ada berkah bila berhasil mendapatkan hasil tani yang ada dalam gunungan tersebut.

“Ini saya dapat sayuran dan buah. Nanti akan saya masak. Biar dapat berkah,” terangnya. (Sumber Pemprov Jateng)

Related Articles

- Advertisement -spot_img