34 C
Demak
28 September 2022
spot_img

Berbagai Penyebab Hidung Tersumbat Padahal Tidak Pilek

Jakarta, Demaknews.id – Sering kali bagi beberapa orang saat bangun tidur tiba-tiba hidung jadi tersumbat. Padahal, saat itu kondisinya sedang tidak mengalami pilek.

Hal ini sendiri sering kali mengganggu seseorang saat bangun tidur.

Apalagi terkadang hidung tersumbat tersebut membuat sakit pada tenggorokan. Namun, apa sebenarnya yang menyebabkan hidung tersumbat saat bangun tidur?

Melansir laman Medical News Today, hidung tersumbat saat bagun tidur ini sendiri bisa terjadi karena berbagai faktor yang ada. Salah satunya akibat adanya saluran hidung yang meradang saat tidur sehingga menyebabkan tersumbat saat bangun.

Baca juga : Mengenal Ebola: Jenis Virus yang Menginfeksi dan Jalur Penularannya

Kondisi hidung yang tersumbat ini bisasanya juga disebabkan beberapa faktor. Berikut beberapa faktor penyebab hidung tersumbat pada seseorang.

Alergen

Hidung tersumbat saat bangun tidur pada seseorang bisa terjadi karena rinitis alergi. Kondisi ini yang menyebabkan saluran hidung mengalami peradangan. Biasanya kondisi ini juga menyebabkan beberapa gejala di antaranya:

  • Gangguan pada hidung
  • Rasa gatal
  • Bersin
  • Hidung tersumbat

Berikut terdapat beberapa alergen yang dapat menyebabkan hidung tersumbat, seperti debu, serbuk sari, bulu binatang, dan alergen terkait pekerjaan (debu kayu, lateks, atau tepung).

Iritasi

Hidung tersumbat pada seseorang juga bisa disebabkan oleh iritasi. Biasanya, iritasi ini terjadi karena berbagai hal di antaranya sebagai berikut.

1. Tembakau

Rupanya, tembakau dapat membuat iritasi pada seseorang. Asap tembakau itu sendiri yang membuat seseorang mengalami hidung tersumbat saat bangun. Dalam studi 2013, peneliti mengungkapkan perokok memiliki prevalensi tinggi kronis.

Bahkan, dalam studi 2018, ditemukan anak-anak yang menghirup asap tembakau meningkatkan risiko pengembangan rinitis.

2. GERD

Dalam sebuah studi 2015, mengungkapkan orang-orang yang memiliki GERD cenderung lebih berisiko mengalami sinusiti kronis. Hal ini sendiri yang menyebabkan isi perut mengalir ke tenggorokoan dan saluran hidung sehingga tersumbat saat bangun tidur.

3. Polip hidung

Seperti yang diketahui, polip menyebabkan pertumbuhan jaringan di dalam rongga hidung. Kondisi ini akan membuat rambut hidung kehilangan kemampuan membersihkan lendir dan antigen dalam rongga. Hal ini juga yang mendorong hidung tersumbat muncul. Kondisi polip ini sendiri menimbulkan berbagai gejala di antaranya.

  • Drainase hidung
  • Tekanan atau rasa sakit di wajah
  • Hidung tersumbat
  • Penurunan kemampuan penciuman yang berlangsung lebih dari 12 minggu

Kehamilan

Rupanya kehamilan juga mendorong seseorang mengalami hidung tersumbat saat bangun tidur. Kondisi ini sendiri dikenal dengan nama rinitis kehamilan. Berdasarkan para ahli, sekitar 18-30 persen ibu hamil mengalami kondisi yang satu ini.

Biasanya gejala yang dialaminya akan sangat mengganggu kehamilan. Untuk itu, para ibu dapat melakukan berbagai pengobatan di antaranya sebagai berikut.

  • Meninggikan ujung kepala tempat tidur (bantal).
  • Melakukan beberapa latihan fisik
  • Menggunakan pembilas hidung saline
  • Menggunakan strip hidung untuk membantu membuka saluran hidung

Obat-obatan

Obat-obatan juga bisa menyebabkan hidung tersumbat saat bangun tidur. Kandungan dalam obat-obatan itu yang menjadi penyebabnya. Obat-obatan tersebut seperti aspirin, antihipertensi, psikotropika, obat semprot hidung, dan lain-lain. (Suara.com)

Related Articles

- Advertisement -spot_img