27 C
Demak
3 August 2022
spot_img

Pulihkan Lahan Kritis dengan Konversi dan Agroforesty Eduwisata

Temanggung, Demaknews.id – Pemkab Temanggung melalui Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup (DPRKPLH) melaksanakan kegiatan Sosialisasi Agroforestry Eduwisata dalam rangka pemulihan akses, di Lahan Konservasi Kwadungan Gunung, Kledung, Temanggung, belum lama ini.

Plh Kepala DPRKPLH Entargo Yutri Wardono mengatakan, masyarakat menyambut baik penyaluran bantuan yang di berikan oleh KLHK setelah survei yang dilakukan sebelumnya di wilayah Kwadungan Gunung Kecamatan Kledung, guna realisasi konservasi lahan. Wilayah tersebut nantinya akan digunakan untuk vegetasi dan kegiatan yang berkaitan dengan konservasi alam.

“Kegiatan yang menjadi keinginan dan kebutuhan dari masyarakat melihat kondisi lahan yang kritis di daerah ini, sehingga teman-teman di sini bersama dengan kami di DPRKPLH Temanggung mengajukan proposal ke Kementerian,” katanya.

Baca juga : KKP Bagikan 1 Ton Ikan ke Masyarakat Temanggung

Dikatakan, konservasi dengan penanaman pohon di lokasi yang menjadi tangkapan air ini bertujuan untuk menghijaukan kembali lahan-lahan yang kering, sehingga nantinya dapat menampung air hujan lebih lama, mengingat saat ini, mata air di Kabupaten Temanggung mulai mengalami kekeringan.

“Kondisi kita banyak sekali mata air yang mati, harapan kami semakin lama nanti daerah-daerah tangkapan air ini akan semakin menjadi hijau kembali. Sehingga air hujan yang turun ke bumi bisa tertahan lebih lama dan Temanggung bisa ijo royo-royo,” tandasnya. (Sumber Pemprov Jateng)

Related Articles

- Advertisement -spot_img