28 C
Demak
5 August 2022
spot_img

Pemkab Demak Gelar Penyuluhan Hukum Dana Desa, Bupati Eisti’anah: Gunakan Sesuai Regulasi

Demak, Demaknews.id – Sudah ada kejadian-kejadian tidak enak menimpa para Kepala Desa. Ini menjadi perhatian bersama, namun jangan takut menggunakan dana desa, akan tetapi juga jangan sampai ada penyalahgunaan atau penyelewengan. Pedomani aturan yang ada.

Hal tersebut diungkapkan Bupati Demak Eisti’anah pada Penyuluhan Hukum Dana Desa di Pendopo Kabupaten Demak, Rabu (03/08/2022).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Wakil Bupati Demak  Ali Makhsun, Pj Sekda Eko Pringgolaksito, Inspektur Kabupaten Demak, Staf Ahli, Kepala Dinpermades P2KB, Kabag Hukum Setda Demak, Camat Wedung, Mijen, Karanganyar, dan Gajah.

“Pada kesempatan ini, selain memberikan sosialisasi, juga kita sampaikan betapa pentingnya rancangan pembangunan desa yang harus dimulai dengan berorientasi pada pemberdayaan potensi lokal,” ujarnya.

Baca juga : Cerminan Integritas dan Budaya Kerja Positif, Dinkominfo Demak Nobatkan 5 Role Model

Hal ini yang kemudian ke depan diharapkan agar mampu meningkatkan pelayanan publik. Selain itu memperkuat kemandirian ekonomi desa melalui partisipasi masyarakat desa maupun hubungan kerja sama dengan pihak eksternal.

“Terlebih, dengan kucuran APBN yang ditransfer melalui APBD nantinya berguna sebagai pelumas roda pembangunan ekonomi di masing-masing desa yang harus terus diteruskan sebagaimana mestinya dan optimal,” tegasnya.

Bupati menambahkan, penyerapan anggaran dana desa di sejumlah wilayah menjadi tidak maksimal dikarenakan banyaknya kasus penyelewengan dana desa dan menjerat pejabat setempat hingga ke jalur hukum.

“Selain itu masih banyaknya kepala desa yang takut untuk mengelola dana desa tersebut,” terangnya.

Dirinya mengatakan dana desa ini akan menambah kesejahteraan masyarakat, asalkan dalam pengunaannya dilakukan sesuai regulasi.

“Saya harapkan inovasi-inovasi dari kepala desa semua dengan adanya dana desa tetap diolah untuk kemajuan desa semua. Serta jangan melanggar peraturan pengunaan-nya,” himbaunya.

Sementara itu, dalam laporannya Camat Wedung Mulyanto menyampaikan, bahwa tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada kepala desa sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Agar kepala desa terhindar dari penyalahgunaan dana desa, serta untuk menciptakan kondusifitas di wilayah Demak,” pungkasnya. (Adv/Nizar-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img