31 C
Demak
3 August 2022
spot_img

KPU Demak Tegaskan Pendaftaran Parpol Merupakan Kewenangan Pusat 

Demak, Demaknews.id – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Demak menegaskan pendaftaran verifikasi dan penetapan partai politik (Parpol) pemilu 2024 hanya di KPU pusat, kabupaten/kota hanya verifikasi administrasi.

“Kewenangan untuk proses pendaftaran dan verifikasi parpol semua di KPU RI dan delegasi yang nanti akan diberikan KPU RI ke KPU Kabupaten/Kota adalah nanti pada verifikasi administrasi,” jelas Ketua KPU Kabupaten Demak, Bambang Setya Budi kepada awak media, Selasa (2/8/2022) dalam rapat koordinasi bersama insan pers terkait kesiapan KPU Demak.

Menurutnya sampai saat ini sudah ada 6 Parpol yang berkompetisi dengan KPU Demak, yakni Partai Kebangkitan Nusantara, Partai Umat, Partai Gelora, Partai Pelita, Partai Prima, dan Partai Buruh.

Baca juga ;Pemkab Demak Perkuat Implementasi Gerakan Nasional Revolusi Mental

“Berkomunikasi artinya kita itu memfasilitasi apa-apa yang menjadi kebutuhan untuk pemenuhan kebutuhan persyaratan pada partai politik ini. Kita akan membantu kira-kira apa yang dibutuhkan bagi mereka untuk proses pemenuhan kebutuhan persyaratan pendaftaran parpol,” jelas Bambang.

Akan tetapi, lanjut dia, seluruh proses administrasi, dokumen dan sebagainya harus diserahkan oleh masing-masing partai tingkat kabupaten ke DPP.

“Jadi kami tidak menerima berkas apapun daei partai politik, jadi kami hanya menerima konsultasi saja,” tegas Ketua KPU Demak.

Bambang menambahkan, verifikasi administrasi meliputi dokumen persyaratan Parpol calon peserta pemilu, dugaan keanggotaan ganda parpol, dan keanggotaan Parpol yang berpotensi tidak memenuhi syarat (TMS). (Zaidi-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img