25 C
Demak
1 August 2022
spot_img

Sumber Omega 3 Juga Ada di 5 Makanan Ini

Jakarta, Demaknews.id – Siapa, sih, yang tidak tahu manfaat omega 3 bagi perkembangan otak anak? Karena manfaatnya itu, para orang tua seakan berlomba-lomba untuk memberi omega 3 pada anaknya. Dan ikan merupakan salah satu jenis makanan yang paling sering dibicarakan jika berkaitan dengan kandungan omega 3.

Tapi, apakah hanya ikan saja yang mengandung omega 3? Ternyata tidak, lho, karena sesungguhnya ada banyak sumber makanan kaya omega 3 yang bisa disajikan setiap harinya untuk anak. Apa saja? Ini dia, melansir dari My Food Data:

1. Flax Seed

Flax seed atau biji rami merupakan salah satu jenis biji-bijianyang tinggi kandungan omega 3. Makanya tak heran kalau olahan flax seeds ini sering digunakan sebagai suplemen omega 3.

Untuk anak, flax seed bisa diolah terlebih dahulu menggunakan blender atau food processor, dan dikonsumsi dengan mencampurkannya ke dalam oatmeal, salad, milkshake, smoothies, yoghurt, dan lainnya. Dan dapat juga ditambahkan ke dalam adonan roti, pancake, kue kering, dan lainnya.

Baca Juga: Lima Makanan dan Minuman Penetralisir Setelah Makan Daging Kambing

2. Tahu
Tahu memiliki 582 mg omega 3 per 100 gramnya, dan jumlah ini sudah bisa mencukupi kebutuhan omega 3 harian anak. Keuntungan dari makan tahu, makanan yang satu ini sangat mudah diolah menjadi berbagai resep yang bervariasi, sehingga anak tidak akan bosan.

3. Alpukat
Alpukat mengandung omega 3 yang mendukung pertumbuhan otak anak. Buah ini bisa dibuat jadi jus dengan campuran susu, atau bisa dibuat menjadi olahan lain seperti alpukat kocok, puding alpukat, smoothies, isian sushi, atau menyulapnya jadi avocado spread untuk olesan roti.

4. Edamame
Edamame yang biasa dijadikan camilan sambil menonton atau mengobrol santai ini ternyata kaya omega 3 yang baik juga untuk anak. Dalam setengah cup edamame beku terdapat 0.28 g omega 3. Agar rasanya lebih gurih, edamame bisa ditumis dengan bawang putih.

5. Minyak Kedelai
Minyak kedelai merupakan sumber omega 3, riboflavin, magnesium, kalium, folat, dan vitamin K. Minyak kedelai bisa digunakan untuk menumis sayur atau dijadikan campuran dalam salad. Berita baiknya, tidak perlu memakai minyak kedelai berlebihan untuk mendapatkan kebaikan omega 3. Karena hanya dalam 1 sdm minyak kedelai sudah mengandung omega-3 sebanyak 0.923 g. (Suara.com)

Related Articles

- Advertisement -spot_img