32 C
Demak
1 August 2022
spot_img

Pemkot Semarang Pastikan Cacar Monyet Belum Ada

Semarang, Demaknews.id – Dinas Kesehatan Kota Semarang pastikan kasus monkeypox atau cacar monyet belum terdeteksi di Semarang Jawa Tengah.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Kota(DKK) Semarang, Abdul Hakam usai menemani Wali Kota Semarang meresmikan pembukaan BIAN di balai Keluruhan Sendanguwo Kecamatan Tembalang Kota Semarang, Senin (1/8/2022).

“Cacar monyet termasuk virus juga. Kemarin sempat ada suspek tapi ternyata bukan, Sejauh ini belum ada,”ujar Hakam.

Baca juga : Cacar Monyet Jadi Darurat Kesehatan, WHO Bagi Negara Jadi 4 Kelompok Risiko

Meskipun belum ditemukan lanjut Kadinkes Kota Semarang, pihaknya tetap gencar lakukan beberapa pemeriksaan terhadap kasus baru yang masuk di Indonesia maupun di Kota Semarang.

“Kita juga terus berupaya andainya ada paparan kasus-kasu baru masuk ke Indonesia masuk ke kota Semarang,”jelasnya.

Bila ditemukan Imbuh Hakam, akan melakukan karantina terhadap orang yang dicurigai terpapar virus tersebut, sembari melakukan pengecekan untuk memastikan benar terpapar penyakit cacar monyet.

“Pastinya kita akan melakukan karantina bagi yg bersangkutan, atau kasus suspek segera kita lakukan pemeriksaan sehingga ketauan dia cacar monyet,”pungkasnya.

Sebagai Informasi tambahan, Sebelumnya, pada 23 Juli lalu, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) telah menetapkan infeksi cacar monyet sebagai darurat kesehatan global.

Senada hal itu, Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menegaskan, bahwa kasus monkeypox atau cacar monyet belum terdeteksi di Indonesia.

Hal tersebut disampaikan oleh juru bicara Kemenkes dr. Mohammad Syahril dalam acara Update Penanganan Monkeypox di Indonesia, bebrapa waktu lalu. (Tito-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img