32 C
Demak
5 August 2022
spot_img

Cerminan Integritas dan Budaya Kerja Positif, Dinkominfo Demak Nobatkan 5 Role Model

Demak, Demaknews.id – Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Demak menobatkan 5 pegawainya sebagai role model budaya kerja tahun 2022, Senin (1/8/2022).

Penobatan role model terpilih ditandai pengalungan slempang dan pemberian piagam penghargaan oleh Kepala Dinkominfo Endah Cahya Rini di halaman kantor Dinkominfo.

Menurut Endah Cahya Rini, sebelumnya telah dilakukan voting untuk menentukan role model pada pekan lalu. Dirinci lima role model tersebut meliputi role model Total Quality Management (TQM), role model disiplin, role model ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), dan role model semangat dan motivasi.

Baca juga :KPU Demak Tegaskan Pendaftaran Parpol Merupakan Kewenangan Pusat 

“Role model Total Quality Management (TQM) atau Manajemen kualitas total, merupakan kemampuan pegawai dalam memanajemen kualitas atau pelayanan pada semua proses dalam organisasi,” terangnya.

Sementara role model disiplin adalah kesanggupan pegawai untuk menaati kewajiban dan menghindari larangan yang ditentukan dalam peraturan perundang-undangan. Kemudian untuk role model IPTEK adalah kemampuan pegawai dalam mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

“Role model pelayanan publik kemampuan pegawai dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat sesuai dengan tupoksi dan peraturan perundang-undangan yang berlaku,” jelas Endah

Terakhir, role model semangat dan motivasi merupakan kemampuan pegawai dalam menyebarluaskan semangat bekerja dan mampu memotivasi diri serta lingkungannya.

“Selamat kepada kalian semua yang sudah terpilih menjadi role model. Mudah – mudahan ini bisa menjadikan hal positif untuk teman – teman yang ada di sekitar,” ujar Endah.

“Tidak hanya itu saja, kalian yang sudah terpilih ini harus bisa menularkan rasa semangat dan tanggung jawabnya kepada teman-teman lainnya, sehingga nanti akan muncul regenerasi baru di tahun yang akan datang,” imbuhnya.

Adapun role model yang ditetapkan meliputi Total Quality Management (TQM) di raih Reny Ryana, role model disiplin diraih oleh M. Rizky Sigit Pamungkas, role model ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK), diraih oleh M. Abduh Ibnu Said, serta role model pelayanan publik oleh Desy Rahmawati, dan role model semangat dan motivasi oleh Isti Irnawati.

Sebagai informasi, budaya kerja adalah sikap dan perilaku individu dan kelompok yang didasari atas nilai-nilai yang diyakini kebenarannya dan telah menjadi sifat serta kebiasaan dalam melaksanakan tugas dan pekerjaan sehari-hari.

Nilai-nilai budaya kerja diartikan sebagai suatu kekuatan atau energi yang melekat dalam setiap individu dalam berinteraksi dengan individu lainnya dalam lingkungan kerja.

Nilai-nilai budaya kerja meliputi aktualisasi diri, bakat, norma, prinsip yang digunakan dalam menjalankan aktifitas kerja. Sedangkan perilaku penting budaya kerja adalah tindakan/tingkah laku yang mencerminkan pelaksanaan nilai budaya kerja. (Adv/Nizar-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img