35 C
Demak
28 September 2022
spot_img

Menparekraf Dorong Santri Jadi “New Content Creator”

Jepara, Demaknews.id – Para santri didorong untuk menjadi new content creator, yang dapat menghasilkan karya dan produk kreatif digital.

Hal itu disampaikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno pada kuliah umum dan sharing session, bertajuk peningkatan kemampuan entrepreneur santri di bidang pariwisata dan ekonomi kreatif di Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang Jepara, belum lama ini.

Menurutnya, santri harus masuk ke dalam ekosistem digital dan mengedepankan produk-produk kreatif.

Baca juga : 11 Santriwati di Depok Diduga Jadi Korban Kekerasan Seksual

“Saya berharap, santri menjadi konten kreator yang berkualitas dan kompetitif agar mampu turut serta berperan aktif dalam ekosistem digital,” jelasnya.

Sandi menjelaskan, seorang santri harus menjadi generasi yang inovatif, adaptif, dan kolaboratif dalam menghadapi perekonomian pascapandemi Covid-19. Diungkapkannya, dalam menghadapi era industri 5.0 yang serba digital, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia yang profesional, kompetitif dan kompeten.

“Saatnya santri mengambil peluang untuk menjadi pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif,” ujarnya.

Ditambahkan, seorang sukses juga harus memiliki prinsip empat as. Yakni, kerja keras, kerja cerdas, kerja tuntas, dan kerja ikhlas.

Pada kesempata itu, Sandi juga memotivasi para santri untuk berani mengambil risiko dalam memulai wirausahanya. Mengingat, saat memulai usaha tak ada kesuksesan yang diawali tanpa adanya kegagalan.

Penjabat (Pj) Bupati Jepara Edy Supriyanta, meminta dukungan Menparekraf RI, terkait pengembangan pariwisata di Kabupaten Jepara. Khususnya, Karimunjawa, yakni transportasi pesawat dari Semarang menuju Karimunjawa yang berhenti beroperasi sejak pandemi. (Sumber Pemprov Jateng)

Related Articles

- Advertisement -spot_img