35 C
Demak
28 September 2022
spot_img

Bupati Demak Eisti’anah Buka TMMD Reguler ke 114 Tahun 2022

Demak, Demaknews.id – Bupati Demak Eisti’anah membuka Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Reguler ke 114 tahun 2022, Selasa (26/7/2022).

Pembukaan TMMD dibuka Bupati Demak Eisti’anah dengan pemukulan gong selepas upacara di depan Balai Desa Kebonagung.

“Kolaborasi dari pemerintah dan TNI untuk membantu masyarakat, dalam hal ini tadi sudah kita tinjau secara fisik itu membangunkan jalan untuk warga di Dusun Mintreng,” kata Bupati Eisti’anah usai peninjauan pembangunan fisik TMMD.

Baca juga : Paripurna ke 16, Bupati Demak Sampaikan 9 Program Prioritas Pembangunan 2023

Sementara untuk perbaikan jalan sendiri merupakan jalan perekonomian desa dengan total jumlah anggaran TMMD Rp 1,3 miliar.

“Dari Pemda sekitar Rp 800 juta, dari Provinsi Rp 173 juta, dari pusat dari TNI AD Rp 300 juta total sekitar Rp 1,3 M. Tujuan TMMD ini memang desa terpencil atau memang jauh dari akses jalan besar, ini mungkin sudah koordinasi dengan kepala desa, kecamatan juga dan dipilihlah tempat ini yang memang masyarakat juga tadi kita lihat bersama jalannya masih sangat jelek,” paparnya.

“Kalau ini diperbaiki bersama jalannya otomatis akses semakin mudah dan perekonomian secara otomatis akan meningkat,” imbuhnya.

Sasaran TMMD meliputi sasaran fisik dan non fisik, sasaran fisik yakni pembuatan jalan beton bertulang di Dusun Mintreng RT 01/RW 01, RT 02/RW 01, RT 01/RW 06, RT 03/RW 01 dan jalan pertanian RT 06/RW 01.

“Ke depan Program TMMD yang telah menjadi bagian tak terpisah dari cara merawat dan mengikat kebersamaan serta kegotongroyongan harus terus ditingkatkan,” tegas Bupati.

“Ini penting kita lakukan secara cepat melalui langkah kolaboratif yang mengikat seluruh stakeholder. Karena dengan optimalisasi tersebut, saya yakin TMMD akan mampu mengatasi persoalan-persoalan kebangsaan,” sambungnya.

Sasaran TMMD tambahan meliputi pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) 8 unit dan normalisasi sungai.

Pada kesempatan itu, Bupati Demak Eisti’anah sangat mengapresiasi semangat goyong royong satgas TMMD termasuk juga Ibu-ibu yang ikut membantu pengecoran jalan.

“Sehingga sebagaimana sesuai dengan tema yang diangkat pada tahun ini. Kita semua yakin, program ini akan menjadi eskalasi jangka panjang untuk mengatasi kemiskinan dan pengangguran, hingga memperkuat semangat Nasionalisme dan Patriotisme,” tandasnya.

Baca juga : Ketua DPRD Kabupaten Demak Hadiri Pembukaan TMMD Reguler ke 114 Tahun 2022

Sementara itu, Komandan Kodim 0716/Demak Letkol Czi Pribadi Setya Pratomo mengatakan, TMMD rencananya akan diselesaikan selama 32 hari.

“Untuk partisipan dari TNI Polri dan aparat dari pemerintahan itu 150, kemudian dibantu dari organisasi kemasyarakatan itu 145 orang belum termasuk warga desa semuanya,” katanya. (Adv/Nizar-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img