31 C
Demak
30 July 2022
spot_img

Lima Manfaat Mengkonsumsi Daging Ikan Gabus

Jakarta, Demaknews.id – Ikan merupakan sumber makanan hewani yang memiliki banyak manfaat dan kaya akan protein. Selain itu ikan merupakan sumber terbaik asam lemak omega 3 yang baik untuk kesehatan tubuh dan otak. Salah satu ikan yang memiliki banyak nutrisi dan kandungan gizi adalah ikan gabus. Sudahkah Anda tahu manfaat ikan gabus untuk kesehatan?

Ikan yang memiliki nama latin Channa striata ini merupakan ikan predator yang memangsa ikan kecil dan serangga di habitatnya. Spesies ini juga dikenal dengan istilah snakehead karena memiliki bentuk kepala mirip ular, berbentuk panjang dan berwarna gelap.

Dilansir dari Netral News, di dalam 100 gram ikan gabus terkandung 69 kalori, 25,2 gram protein, 1,7 gram lemak, 0,9 miligram zat besi, 62 miligram kalsium, 76 miligram fosfor, 150 milligram vitamin A, 0,04 milligram vitamin B, dan 69 miligram air.

Disebut sebagai ikan yang paling banyak memiliki kandungan gizi, ikan gabus juga diklaim dapat sebagai obat alami untuk menyembuhkan berbagai penyakit. Lalu apa saja manfaat ikan gabus ini?

Baca Juga: Paripurna ke 16, Bupati Demak Sampaikan 9 Program Prioritas Pembangunan 2023

1. Menyembuhkan luka

Ikan gabus mengandung albumin yang tinggi atau salah satu jenis protein yang baik untuk proses penyembuhan luka pada tubuh. Kandungan albumin pada ikan gabus ini dapat membantu peningkatan kadar albumin tubuh kembali normal. Oleh karenanya, ikan gabus disarankan dikonsumsi pasca operasi sebagai cara penyembuhan.

2. Memperbaiki gizi

Ikan gabus bermanfaat untuk memperbaiki gizi buruk terutama yang terjadi pada bayi, anak-anak dan ibu hamil. 100 gram ikan gabus per hari menjadi asupan yang cukup untuk memenuhi kebutuhan gizi yang baik untuk kesehatan.

3. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Ikan gabus mengandung zinc yang dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Selain itu protein albumin juga dapat membantu untuk menekan osmotik dalam darah dan menjaga kadar air dalam plasma darah.

4. Baik untuk pencernaan

Ikan gabus yang memiliki daging yang lembut ini sehingga bukan menjadi masalah untuk saluran pencernaan. Sebaliknya, ikan gabus ini memiliki kolagen yang lebih rendah daripada kolagen pada daging ikan lainnya. Ikan gabus memiliki 3 hingga 5 persen dari total kandungan kolagen.

5. Membantu pembentukan otot

Ikan gabus mengandung protein lebih tinggi daripada kadar protein yang terdapat pada ikan lainnya. Dengan 100 gram ikan gabus, Anda dapat memenuhi kebutuhan protein dalam tubuh setiap harinya. Kandungan protein yang tinggi ini bermanfaat untuk pembentukan otot.

Nah, itulah informasi soal beberapa manfaat ikan gabus yang penting untuk kesehatan. Semoga bermanfaat. (Suara.com)

Related Articles

- Advertisement -spot_img