35 C
Demak
28 September 2022
spot_img

Ingin Tetap Olahraga saat Puasa? Ketahui Kapan Waktu yang Tepat untuk Melakukannya

Jakarta, Demaknews.id – Ibadah puasa seharusnya tidak menghalangi Anda dalam menerapkan pola hidup sehat. Konsumsi makanan bergizi serta olahraga rutin tetap bisa dilakukan, meski tidak seintens hari biasa.

Opsi tetap olahraga saat puasa banyak dipilih, namun mungkin masih banyak yang bingung kapan waktu yang tepat untuk melakukannya.

Jangan salah sangka dulu, meski olahraga memerlukan tenaga, namun tidak berarti tidak memberikan manfaat lain yang mendukung puasa. Justru ketika Anda rutin berolahraga, metabolisme tubuh menjadi sangat baik, dan penyerapan nutrisi berjalan optimal. Di waktu yang sama, rasa lapar bisa ditahan lebih lama karena pencernaan berjalan dengan kondisi ideal.

Pilihan Olahraga saat Puasa

Meski demikian, manfaat olahraga saat puasa bisa didapatkan secara maksimal jika Anda memilih olahraga yang tepat. Hal paling penting adalah intensitas olahraga tidak boleh terlalu tinggi, karena justru akan membuat tubuh terlalu lemas dan bisa mengganggu ibadah puasa.

Lantas apa saja olahraga yang bisa dilakukan saat bulan puasa? Daftar singkatnya bisa dilihat di bawah ini.

Jalan cepat
Jogging ringan
Lompat tali atau skipping
Bersepeda
Naik turun tangga
Plank
Cross jack
Zumba
Yoga

Dan beberapa olahraga lain selama dalam intensitas ringan hingga sedang. Anda juga bisa memilih olahraga permainan, asal tidak terlalu berat dan melelahkan.

Waktu yang Tepat untuk Olahraga di Bulan Puasa

Banyak manfaat yang bisa didapatkan dari olahraga saat puasa. Namun, manfaat ini bisa didapatkan dengan pemilihan olahraga yang tepat, serta waktu yang tepat pula dalam berolahraga.

Kesalahan memilih jenis olahraga dan waktu olahraga justru bisa membuat Anda terlalu lelah, sehingga bisa mengganggu kelancaran ibadah puasa yang dilakukan.

Jika opsi olahraganya sudah tersaji pada bagian pertama tadi, mari bahas terkait waktu yang tepat untuk olahraga saat bulan Ramadhan.

Setidaknya ada tiga waktu paling tepat untuk berolahraga di bulan penuh berkat ini. Pertama adalah saat setelah subuh, sebelum magrib, dan sebelum tidur.

Ketiga waktu ini direkomendasikan karena tubuh baru saja, atau akan menerima asupan nutrisi yang bisa diolah dengan baik. Olahraga atau aktivitas fisik bisa membantu metabolisme tubuh, sehingga penyerapan nutrisi lebih optimal.

Memang akan ada rasa haus yang muncul, namun akan tertutup dengan respon renin-angiotensin aldosteron, yakni kemampuan tubuh menahan air sehingga tidak terlalu mengganggu.

Itu tadi, sedikit informasi terkait dengan olahraga saat puasa. Kini Anda lebih tahu, dan semoga informasi ini berguna! (Suara.com)

Related Articles

- Advertisement -spot_img