23.7 C
Demak
23 November 2021
spot_img

MIPP Buatan Dinkominfo Jadi Wajah Layanan Publik Untuk Masyarakat

Demak, Demaknews.id – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Demak menginisiasi pembuatan Mall Informasi Pelayanan Publik (MIPP) dalam rangka mewujudkan sistem pemerintahan berbasis elektronik (SPBE).

Meski begitu, MIPP juga bisa diakses oleh masyarakat luas dengan membuka situs mipp.demakkab.go.id.

Kepala Bidang Informatika dan Persandian Dinkominfo Demak, Harso Gutomo, S.T, M.M menuturkan bahwa Mall Informasi Pelayanan Publik Kabupaten Demak juga memiliki fungsi selayaknya wajah dari layanan publik untuk masyarakat Demak khususnya, karena masyarakat bisa mengetahui apa saja layanan yang dimiliki Pemerintah Kabupaten Demak.

Di dalam MIPP, seluruh layanan yang disediakan Pemerintah Kabupaten Demak tersusun rapi dan terintegrasi sehingga langsung bisa diakses oleh masyarakat.

Situs MIPP juga selalu dimutakhirkan sehingga apabila ada layanan baru yang tersedia, daftarnya langsung diperbaharui.

“Jadi setiap ada perkembangan layanan-layanan baru akan dihubungkan ke portal ini, jadi lebih terupdate,” ujarnya, Selasa (23/11/2021).

Tampilan dari website MIPP. (Foto : Devan)

Bagi instansi di Kabupaten Demak, MIPP juga menjadi jalur dalam berbagai layanan seperti domain, hosting, layanan jaringan, hingga vidcon yang bisa dimanfaatkan.

“Dinkominfo melayani antar dinas yang hubungannya goverment to goverment. Misalnya penyelenggaraan website di dinas dan pelayanan jaringan di seluruh dinas,” katanya.

Menambahkan apa yang sudah disampaikan, Kepala Dinkominfo Kabupaten Demak, dra. Endah Cahya Rini, M.M menyampaikan bahwa MIPP merupakan satu portal website yang berisi aplikasi pelayanan publik, layanan administrasi pemerintahan, situs OPD, dan berita pembangunan daerah.

“Untuk mewujudkan e-government perlu melakukan pemanfaatan teknologi seoptimal mungkin terutama pada aspek pemerintahan,” katanya.

Dengan diciptakannya MIPP, diharapkan masyarakat lebih merasakan kemudahan dalam menerima akses informasi maupun pelayanan publik secara efisien dan transparan.

BACA JUGA:  Petani Bawang Merah Demak Jebak Hama Larva Gunakan Light Trap

Hingga saat ini, ada tiga kategori situs yang ditampilkan di dalam MIPP dengan jumlah lebih dari 100 website yang disajikan.

BACA JUGA:  Petani Bawang Merah Demak Jebak Hama Larva Gunakan Light Trap

Kategori yang pertama adalah layanan publik seperti SP4N LAPOR untuk pengaduan masyarakat ; Satu Data Demak; hingga Geoportal Demak, selanjutnya layanan administrasi pemerintah seperti Simpelbang; Desa Waskita; hingga JDIH, dan daftar website OPD.

Sebagai informasi tambahan, MIPP diluncurkan bersamaan dengan launching RSKW Online yang dilaksanakan di Grhadika Bina Praja.

MIPP sudah diluncurkan oleh Dinkominfo Demak sejak tanggal 1 April 2021 yang juga sebagai persembahan hari jadi bagi Kabupaten Demak ke 51 dan disiarkan secara daring dalam kanal Youtube Dinkominfo Demak. (Adv/Devan-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img