26 C
Demak
14 August 2022
spot_img

Dinpertan Ajak Petani Demak Optimalisasi Lahan dengan Tanam 4 Kali Setahun

Demak, Demaknews.id – Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Demak mendorong optimalisasi lahan pertanian dengan pertanaman padi empat kali setahun. Sistem pertanaman padi ini merupakan salah satu terobosan dalam meningkatkan produksi padi, serta meningkatkan ketahanan pangan nasional dan nilai tambah yang diperoleh petani.

“Seperti arahan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo, tanam padi dengan IP 400 artinya tanam 4 kali setahun, ini meningkatkan produksi dan pendapatan petani,” kata Kasi Usaha dan Pemasaran Dinpertan Demak, Setya Agus Kurniawan, Rabu (10/11/2021).

Wawan, sapaannya, dengan tanam 4 kali setahun, artinya sudah mengamankan 1,5 musim tanam yang biasanya terbuang jika lahan dibiarkan menganggur selama 5 bulan. Jika 5 bulan lahan itu dibiarkan tidak tertanami itu artinya ada 1,5 musim tanam yang tidak terpakai berproduksi.

“Negara ini tidak boleh kalah dengan negara lain dan kehidupan ini harus lebih baik dari hari kemarin. Paling tersedia di depan mata kita untuk memperbaiki negara adalah sektor pertanian,” lanjutnya.

Wawan menambahkan untuk mewujudkan program penanaman padi 4 kali setahun, harus didukung dengan berbagai upaya. Yaitu di antaranya ketersediaan air, varietas padi unggul, mekanisasi, korporasi petani dan kelembagaannya harus disusun, sehingga dari hulu ke hilir terintegrasi.

“Sehingga aspek pemasaran pun terjamin. Sesuai perintah Presiden Jokowi, lahan-lahan pertanian yang terkonsetrasi di atas 8.000 hektare harus ditingkatkan kelas rice milling unit (RMU) atau penggilingan padinya,” tuturnya. (Adv/Sai-03)

 

Related Articles

- Advertisement -spot_img