31 C
Demak
24 May 2023
spot_img

Terdampak Polusi Udara PT Sinar Tiga Dewi, Warga Dukuh Belah Mengadu ke DPRD Demak

Demak, Demaknews.id – Karena kami sudah merasa tidak nyaman, merasa dirugikan, untuk mendapatkan hidup nyaman dan menghirup udara sehat sangat sulit. Akhirnya hari ini, Senin (23/8/2021), bisa diterima baik oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Demak gelar audiensi.

Hal tersebut disampaikan Lutfi Faiyah, salah satu perwakilan Warga Dukuh Belah, Desa Gemulak, Kecamatan Sayung. Dimana warga Dukuh Belah terkena dampak polusi dari PT Sinar Tiga Dewi yang memproduksi briket atau arang dari serbuk kayu atau grajen.

Bertempat di Ruang Rapat Pimpinan DPRD Kabupaten Demak, warga Dukuh Belah diterima secara langsung oleh pimpinan audiesi, Ulin Nuha, selaku Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Demak, didampingi Faozan selaku Sekretaris Komisi dan Siti Khoiriyah selaku Anggota Komisi D.

“Kami khawatir dengan kesehatan kami, terutama anak-anak kecil dan lansia sakit batuk, pilek, ISPA, paru-patu, gatal-gatal dan mata merah. Apalagi dimasa pandemi seperti ini akan memperburuk keadaan,” jelas Lutfi.

Audiensi warga Dukuh Belah dengan DPRD Demak. (Foto : dok)
Audiensi warga Dukuh Belah dengan DPRD Demak. (Foto : dok)

Keberadaan PT Sinar Tiga Dewi, kata Lutfi, beroperasi secara tiba-tiba, warga tidak pernah merasa menerima adanya sosialisasi dari PT tersebut. Seharusnya PT yang baru beroperasi mulai bulan Juni 2021 tersebut, menurut Lutfi, sebelum beroperasi terlebih dahulu mempelajari dampak lingkungan yang diakibatkan.

“Ada 636 jiwa dari 191 Kartu Keluarga (KK) di Dukuh Belah yang terdampak. Kalo malam bau nya menyengat hingga tidur sampai kebangun, rasanya panas di tenggorokan. Gedungnya masih terbuka dan gak rapet. Kami berharap dapat hidup nyaman dan menghirup udara sehat,” tegasnya.

Sementara itu, pihak PT Sinar Tiga Dewi dalam audiensi tersebut tidak hadir tanpa keterangan yang jelas. Dari hasil audiensi tersebut, Komisi D DPRD Kabupaten Demak selanjutnya akan mengkoordinasikan hal ini dengan dinas terkait.

“Kami akan selalu mendampingi dan menjadi jembatan bagi warga untuk mendapatkan hak hidup yang nyaman,” kata Ulin Nuha. (Adv/Nizar-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img