32 C
Demak
4 March 2024
spot_img

Harap Tingkatkan Kualitas Demak, Masyarakat Diajak Manfaatkan SP4N LAPOR

Demak, Demaknews.id – Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) Kabupaten Demak, Dra. Endah Cahyarini, M.M. mengajak masyarakat untuk memanfaatkan SP4N LAPOR atau Hallo Demak demi meningkatkan kualitas Kabupaten Demak.

SP4N LAPOR atau Hallo Demak merupakan sebuah saluran layanan pengaduan langsung keluhan yang dialami masyarakat. Hal ini dilakukan agar bisa ditangani oleh Pemerintah Kabupaten Demak atau lebih tepatnya kepada dinas-dinas yang terkait.

Selain itu, pemanfaatan SP4N LAPOR  oleh masyarakat menurutnya merupakan bentuk agar warga mendapatkan hak serta menerima informasi dan pelayanan yang baik.

Endah menuturkan, sebanyak 211 aduan dalam tahun 2020 berhasil ditindaklanjuti dengan kualitas aduan sesuai substansi. Demi meningkatkan kualitas Kabupaten Demak, ia mengajak masyarakat jangan ragu mengajukan keluhan melalui SP4N LAPOR .

“Kalaupun tidak bisa melalui aplikasi, bisa melalui website, bisa melalui pesan SMS, bisa juga datang ke Dinkominfo langsung, nanti kita bantu masukkan ke dalam aplikasi,” ujarnya Minggu (8/8/2021).

Lebih lanjut, dia menuturkan bahwa aduan-aduan yang disampaikan bisa menjadi sebuah pemicu inovasi dari dinas-dinas terkait.

Tim Dinkominfo turun ke lapangan menjaring keluhan masyarakat. (Foto : Devan)
Tim Dinkominfo turun ke lapangan menjaring keluhan masyarakat. (Foto : Devan)

Dia menambahkan, Si Invest dan Jempol Satu Oke yang mempermudah perijinan bagi investor, Cengkeraman Mata Elang untuk monitoring terhadap ibu hamil dan melahirkan demi menurunkan angka kematian ibu dan bayi, serta pembayaran Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) secara daring.

“Di tahun lalu juga, aduan masyarakat terbanyak ialah pengurusan administrasi kependudukan. Dari sini kita ada inovasi Dodi Ramah, alias dokumen jadi diantar ke rumah, dan ada inovasi mobil keliling untuk pelayanan yang diprioritaskan untuk masyarakat difabel,” ujarnya.

Di sisi lain, Kepala Bidang Informatika dan Persandian Dinkominfo Demak, Harso Gutomo, S.T berharap jumlah aduan masyarakat berkurang. Bukan dikarenakan tidak ingin menerima aduan, tapi diharapkan kualitas Kabupaten Demak sudah luar biasa sehingga tidak banyak keluhan atau kekurangan yang dialami oleh masyarakat.

Dia sendiri menyampaikan bahwa Kabupaten Demak meraih Pengelolaan Sistem Pengaduan Publik Terbaik pada tahun 2020. Di tahun ini, pihaknya juga akan berusaha mempertahankan predikat yang sudah diperoleh.

“Artinya kita juga mengelola aduan masyarakat dengan baik. Yaitu memperhatikan dan bukannya mengabaikan,” pungkasnya. (Adv/Devan-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img