36 C
Demak
24 September 2023
spot_img

Kabupaten Demak Gencarkan Gerakan Gempur Rokok Ilegal

Demak, Demaknews.id – Satpol-PP Kabupaten Demak selalu melaksanakan program gempur rokok ilegal secara berkelanjutan.

“Satpol PP harus bergerak di garda terdepan dalam pemberantasan rokok ilegal,” ucap Kasi Penegakan Perda, Satpol PP Demak,
Sardi Teong di Demak, Kamis (29/7/2021).

Teong menjelaskan, Kabupaten Demak merupakan jalur transit sehingga peredaran rokok ilegalnya cukup besar, terutama ada beberapa produsen rokok ilegal di wilayah perbatasan.

“Kami selalu koordinasi dengan Pemda dan instansi lain, dimana untuk melakukan pendektesian dari hulu ke hilir dalam peredaran rokok ilegal,” ujarnya.

Teong menambahkan, Rokok ilegal kebanyakan merupakan produksi lokal.

“Kami menemukan rokok ilegal di warung-warung di Demak, biasnaya di warung-warung kecil di Kecamatan Sayung, Guntur, Wedung, Bonang. Biasanya namanya beda tipis misalnya Sukun jadi Dukun namun sekilas bisa sama,” terangnya.

Ia menjelaskan bahwa biasanya perokok karateristiknya yang penting ngebul atau asal keluar asapnya. Sehingga, menurutnya kadang tidak memahami ilegal atau legal terlebih ada pilihan yang murah.

Untuk itu pihaknya melakukan yustisi dengan menyasar ke seluruh wilayah di Demak, dalam setiap bulannya melakukan penindakan bersama Bea Cukai Semarang bisa 5 sampai 6 kali dalam perbulannya.

“Walau begitu masih banyak ditemukan rokok-rokok ilegal, dan alasannya adalah sistem penjualannya konsinyasi atau jual titip. Sehingga kami tidak menyasar pedagang, tapi kami menyasar para sales yang menitipkan dagangan ke warung,” pungkasnya. (Sai-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img