30 C
Demak
4 March 2024
spot_img

RSUD Karanganyar Mulai Gunakan Oksigen Cair


Karanganyar, Demaknews.id – Keterbatasan untuk mendapatkan oksigen secara maksimal, RSUD  Karanganyar mulai menggunakan instalasi terpusat oksigen medis untuk memenuhi kebutuhan ke bangsal perawatan.

Direktur RSUD Karanganyar Iwan  Setiawan Adji menyampaikan, sebelumnya RSUD menggunakan tabung oksigen. Hanya saja, Iwan menuturkan, penggunaan tabung jumlahnya sangat terbatas.

“Kita terus berupaya untuk memenuhi oksigen melalui tabung yang ada. Hanya pas-pas terus dan tidak bisa untuk cadangan. Untuk memenuhi kebeutuhan oksigen tersebut kami membuat oksigen liquid yang bisa memenuhi kebutuhan oksigen yang lebih lama,”jelasnya Selasa (27/7/2021).

Dikatakannya, pemasangan instalasi oksigen tersebut dilakukan sekitar tiga hari yang lalu dan pekan ini sudah dapat dioperasionalkan. Instalasi oksigen terpusat ini memiliki kapasitas 6 ton.

“Alhamdulillah saat ini pasien sudah menurun. Dengan menggunakan tabung oksigen sebenarnya sudah mencukupi. Dengan pemasangan instalasi oksigen liquid secara terpusat ini, kita lebih tenang lagi,”ujarnya.

Ditambahkannya, dalam situasi pandemi Covid-19 ini, kebutuhan akan oksigen cukip banyak. Bahkan Iwan menuturkan, rumah sakit rujukan pasien Covid-19 sangat tergantung akan pasokan oksigen.

“Saturasi pasien yang sangat rendah dapat  menghabiskan lebih dari satu tabung ukuran 6 meter kubik per hari. Konsumsinya 20 liter per menit. Dengan memakai instalasi terpusat ke bangsal, tidak perlu lagi harus mengganti tabung oksigen,”terangnya. (Iwan-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img