32 C
Demak
27 February 2024
spot_img

Pemkot Solo Terima Bantuan 200 Tabung Oksigen

Solo, Demaknews.id – Pemerintah Kota (Pemkot) Solo menerima bantuan 200 tabung oksigen Senin (19/7/2021).

Adapun, Bantuan 200 tabung oksigen tersebut akan dibagikan kepada seluruh rumah sakit, baik negeri dan swasta yang ada di Kota Solo.

Kepala Dinas Kesehatan Kota (DKK) Kota Solo Siti Wahyunungsih kepada sejumlah wartawan menyampaikan, ratusan tabung oksigen tersebut hanya untuk rumah sakit yang merawat pasien terkonfirmasi Covid-19.

“Langsung kita distribusikan ke 15 rumah sakit baik negeri maupun swasta. pembagian tidak mungkin merata. Rumah sakit pemerintah  terutama rumah sakit Moewardi dan rumah sakit Bung Karno masih kurang. Sedangkan untuk rumah sakit swasta kita bagi secara proporsional sesuai dengan tempat tidur,”ujarnya.

Dikatakannya, jika rumah sakit swasta masih juga kurang, maka DKK akan meminjamkan. Dengan adanya bantuan ini, DKK Kota Solo bisa tenang. Apalagi saat ini pasien terus bertambah dan Kota Solo menejadi salah satu rujukan.

“Kalau habis diisi lagi. Tabung ini akan sangat membantu. Apalagi beberapa hari lalu kita kekurangan tabung,”jelasnya.

sebagaimana diketahui, pesawat charter kargo milik PT My Indo Airlines yang memuat oksigen dari Singapura telah mendarat di Bandara Internasional Adi Soemarmo, pada Sabtu (17/07/2021).

General manager PT Angkasa Pura I Bandara Adi Soemarmo Yani Ajat Hermawan menyebut oksigen yang diangkut dengan pesawat dengan nomor penerbangan B-737-300/400F dikirim untuk Dinas Kesehatan Kota Solo.

“Total oksigen yang dimuat seberat 14.175 ton,” katanya. Oksigen yang saat ini sangat dibutuhkan oleh rumah sakit dalam penanganan COVID-19 itu dikemas dalam 200 tabung.

Sebelumnya, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming mengakui kebutuhan oksigen di rumah sakit yang ada di Solo cukup tinggi. Kebutuhannya mencapai 59 ton per harinya.

“Rumah sakit di Solo menjadi rujukan dari rumah sakit yang berasal dari  kabupaten lain,” katanya. (Iwan-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img