32 C
Demak
4 March 2024
spot_img

Pemkab Demak Minta Kepala Sekolah SMP Adaptif Ditengah Pandemi Covid-19

Demak, Demaknews.id – Seluruh Kepala Sekolah SMP di Kabupaten Demak diminta adaptif dan terus berinovasi meskipun sedang pandemi Covid-19.

Sekda Demak, Singgih Setyono mengatakan, di tingkat sekolah, Kepala Sekolah merupakan manager yang membawa lembaga pendidikan maju dan berkembang.

“Saat ini syarat utama menjadi manajer yang hebat tidak hanya mampu melakukan efisiensi saja, namun juga harus menguasai softkills. Dan yang paling utama harus adaptif dan inovatif ditengah pandemi”, kata Sekda dalam acara Manajemen SDM di Era Pandemi Covid-19 bagi MKKS (Musyawarah Kerja Kepala Sekolah) SMP Demak dari Command Center, Kamis (24/06/21)

Poin lain, lanjut dia, yang tidak kalah penting adalah mampu berkomunikasi dengan baik dan memiliki sopan santun.

“Attitude harus dijaga, karena bisa mengangkat citra. Jadilah teladan bagi rekan di sekolah,” ucapnya.

Selain itu, ada softkills lain yang harus dikuasai seorang Kepala Sekolah berupa kemampuan mendengarkan, profesional, dan bisa menjadi problem solving.

“Seorang manajer harus bisa memecahkan masalah. Anggap staff sebagai rekan kerja. Tanpa mereka kita tidak bisa bekerja. Maka, berikanlah reward ketika mereka berprestasi. Minimal berikan pujian. Karena pujian bisa membuat mereka lebih baik,” tandasnya. (Zaidi-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img