Semarang, Demaknews.id – National Geographic Indonesia, menyebut samudra di dunia yang diketahui hanya ada empat yaitu Hindia, Pasifik, Atlantik, dan Arktik.
Pada Hari Laut Sedunia 2021, para kartografer (ahli pemetaan) Nat Geo mengatakan arus deras yang mengitari Antartika membuat perairan di sana memiliki keunikan dan layak untuk menyandang nama sendiri. Mereka menamakan wilayah perairan tersebut sebagai Samudra Selatan (Southern Ocean).
“(Keberadaan) Samudra Selatan telah lama diakui oleh para ilmuwan, tetapi karena tidak pernah ada kesepakatan internasional, kita tidak pernah secara resmi mengakuinya,” kata Ahli Geografi di National Geographic Society, Alex Tait dikutip Demaknews.id Rabu (23/06/2021).
Sebelumnya, perdebatan muncul di kalangan ahli geografi terkait perairan di sekitar Antartika tersebut. Pasalnya, apakah wilayah tersebut memiliki karakteristik unik yang cukup untuk mendapat nama baru atau kondisinya lebih dingin, tapi masih merupakan perpanjangan selatan dari Samudra Atlantik, Hindia, dan Pasifik.
Selama bertahun-tahun para ahli pemetaan dan komite kebijakan pemetaan National Geographic Society mempertimbangkan kemungkinan perubahan tersebut. Semakin maraknya ilmuwan dan pers yang menggunakan istilah Samudra Selatan, menjadi salah satu pertimbangan untuk membuat perubahan pada peta samudra di dunia.
Alex Tait menuturkan adanya perubahan ini sejalan dengan inisiatif National Geographic Society dalam pelestarian lautan dunia. Harapannya, penetapan samudra baru ini dapat menyadarkan publik pada suatu wilayah yang secara khusus membutuhkan sorotan konservasi.
“Perubahan ini mengambil langkah terakhir dan mengatakan kami ingin mengakuinya karena pemisahan ekologisnya,” ujarnya.
National Geographic Society berusaha menarik atensi masyarakat pada keberadaan Samudra Selatan yang ditetapkan sebagai samudra baru. Pihaknya berharap hal ini dapat mempromosikan upaya konservasi di wilayah tersebut.
Tait mengatakan kebijakan baru National Geographic ini akan berdampak khususnya di bidang pendidikan terkait bagaimana pelajar menggunakan peta di sekolah, serta bagaimana mereka belajar melihat dunia. (Devan-03)