32 C
Demak
27 February 2024
spot_img

87 Persen Pasien Covid-19 Meninggal Belum Divaksin

Semarang, Demaknews.id – Kepala Dinkes Jateng Yulianto Prabowo mengatakan bahwa 87 persen pasien Covid-19 yang meninggal belum divaksin.

“Pasien Covid-19 yang meninggal mulai tanggal 9 Mei sampai 13 Juni itu 87,7 persennya ternyata belum divaksin. Dan yang sudah divaksin hanya 23 persen,” ucap Yulianto, Selasa (15/6/2021).

Yulianto meminta kepada Bupati dan Wali Kota se- Jawa Tengah untuk terus meningkatkab vaksinasi agar tercapai realisasi vaksinasi yang tinggi dan membentuk kekebalan kelompok (herd immunity).

“Vaksinasi perlu kita tingkatkan kembali karena yang belum divaksin memang sangat rentan,” jelasnya.

Dia menyebut capaian vaksinasi di Jawa Tengah memang masih di angka 45 persen dari target 5,5 juta orang.

“Memang vaksinnya belum cukup maka kita lakukan koordinasi terus dengan kementerian agar masalah vaksinasi ini bisa menjadi perhatian. Tapi sudah dijanjikan kalau Bulan Juli stok vaksinnya sudah banyak,” ucapnya.

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, memerintahkan kepada seluruh Bupati/Wali Kota untuk menghabiskan stok vaksin yang sudah tersedia.

“Nggak usah menunggu vaksin yang kedua, yang ada sekarang habiskan saja. Stok vaksin saya minta dihabiskan, karena sekarang lagi meningkat kasusnya. Kalau stok yang tersedia bisa disuntikkan khususnya pada lansia dan penderita komorbid, maka itu bisa melindungi lebih banyak,” kata Ganjar. (Majid-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img