32 C
Demak
27 February 2024
spot_img

Kecamatan Karanganyar Disemprot Disinfektan

Demak, Demaknews.id – Pemerintah Kabupaten Demak melanjutkan penyemprotan disinfektan di Kecamatan Karanganyar, Kabupaten Demak, Rabu (9/6/2021).

Adapun, penyemprotan disinfektan pada hari ini dilaksanakan di Desa Karanganyar, Ngemplik, dan Undaan, Kecamatan Karanganyar.

Kegiatan yang direncanakan menyasar seluruh wilayah di Kabupaten Demak tersebut, dilakukan dalam rangka mengantisipasi penyebaran Covid-19.

Bupati Demak, Eisti’anah menjelaskan bahwa pihaknya juga sudah menyiapkan penambahan tempat tidur bagi para pasien terkonfirmasi Covid-19 serta pos isolasi terpusat.

“Jogo tonggo tetap dilaksanakan dan apabila ada daerah yang memang zona merah akan dilaksanakan lockdown mikro tingkat RT,” tegasnya.

Langkah-langkah yang ditempuh menurutnya merupakan upaya antisipasi terkait wilayah Kudus dan Demak yang berbatasan langsung. Ia juga menuturkan bahwa sudah ada empat desa yang masuk zona merah. Berdasarkan data tersebut, pihaknya memerintahkan untuk mengetatkan PPKM mikro di daerah-daerah.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Camat, Kapolsek, Danramil, kepala desa, dan kepala puskesmas di setiap daerah untuk menyiapkan pos-pos isolasi mandiri mereka,” tandasnya.

Sementara itu, Kapolres Demak AKBP Andhika Bayu Adhittama menjelaskan bahwa untuk memutus mata rantai Covid-19, Satuan Gugus Tugas Covid-19 sudah mengeluarkan surat edaran bahwasanya seluruh tempat wisata serta tempat yang berpotensi menimbulkan klaster Covid-19 ditutup sementara.

Lebih lanjut, Kapolres menegaskan bahwa kegiatan masyarakat juga dibatasi dan tidak boleh ada kegiatan berkumpul. Setiap hari petugas Satgas Covid-19 akan berkeliling melakukan sosialisasi, edukasi, dan operasi yustisi kepada mereka yang tidak patuh dengan protokol kesehatan.

Dalam situasi yang juga masih belum kondusif, pihaknya untuk sementara waktu tidak akan mengeluarkan izin bagi warga yang ingin mengadakan kegiatan semacam hajatan dengan waktu yang belum ditentukan.

“Kami akan tegakkan aturan sesuai dengan peraturan yang berlaku,” tandasnya. (Devan-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img