25 C
Demak
13 June 2023
spot_img

Pengusaha Ikan Asap Khas Demak Terus Raih Cuan

Demak, Demaknews.id – Usaha pengasapan ikan di pesisir Utara Kabupaten Demak terutama di Kecamatan Bonang terus melejit. Hal tersebut karena produksi ikan asap terus bertambah.

“Secara global di kami itu sampai 20 sampai maksimal 25 ton perhari dari semua macam ikan. Ikan Manyung kita 10 sampai 15 ton. Untuk ikan tongkol, pari banyaman, dan pari sekitar 10 ton untuk konsumsi pengolahan dari anggota kami,” ungkap Ketua Koperasi Asap Indah, Tejo Purwoto beberapa waktu lalu.

Adapun untuk memenuhi bahan baku ikan di pengasapan tersebut, seringkali ikan didatangkan dari pelbagai daerah lain.

“Kalau ikan manyung itu biasanya dari Probolinggo, Jakarta, Indramayu sedangkan jenis ikan lain dari Juwana dan Rembang,” ucapnya.

Dijelaskan, pengasapan ikan yang ada sejak tahun 2010 itu sudah memiliki pasar tersendiri, baik di pasaran lokal hingga restoran kelas ke atas.

“Seperti pasar tradisional Jawa Tengah, dari Kota Semarang, Kabupaten Semarang, Salatiga, Boyolali, Ungaran, Sumowono, Kudus, Purwodadi, Magelang dan lain-lain,” katanya.

Tejo menambahkan, dalam pemasaran beberapa tahun terakhir generasi muda berani berspekulasi untuk memasarkan ikan menggunakan mobil ke luar daerah.

“Market menengahnya reseller, bahkan Kepala Manyung di Jakarta itu restoran-restoran yang berkelas menengah ke atas sudah mulai kita rambah untuk produk kami,” tandas Tejo. (Zaidi-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img