36 C
Demak
24 September 2023
spot_img

Pemdes Candisari Demak Larang Takbir Keliling

Demak, Denaknews.id – Kepala Desa Candisari Kabupaten Demak Suratman mengatakan, bahwa rapat digelar dalam rangka menghadapi perayaan hari raya Idul Fitri 1442 H. Dimana selama pandemi, perayaan hari raya, khususnya takbir keliling dilarang Pemerintah guna menekan penyebaran virus Covid-19.

“Walaupun sudah ada larangan tentang takbir keliling, tidak menutup kemungkinan ada sekelompok warga yang nekat melaksanakannya. Untuk itu, perlu kita antisipasi besama,” paparnya Selasa (11/5/2021).

Dikatakan, pihaknya sudah melakukan imbauan larangan takbir keliling ke tiap musholla, masjid, RT dan RW melalui tokoh agama, tokoh masyarakat, perangkat desa, ketua RT dan ketua RW sejak beberapa pekan lalu, sama seperti pada tahun sebelumnya, dalam rangka mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 di Desa Candisari.

Selain itu, menghadapi pemudik yang datang ke wilayahnya, Suratman sudah memerintahkan masing-masing RT atau RW melalui Posko PPKM Mikro untuk mencatat dan mendata, serta memberikan imbauan untuk melakukan isolasi mandiri minimal 5 hari dan melakukan rapid antigen.

“Jika positif, nanti akan kami laporkan, sehingga mendapatkan penanganan lebih lanjut dari pihak berwenang,” tandas Suratman.

Sementara Babinsa Koramil 12/Mranggen Kodim 0716 Demak, Koptu Sukarno meminta agar anggota Linmas turut membantu Babinsa dan Bhabinkamtibmas dalam menjaga situasi di wilayah Desa Candisari, agar tetap aman dan kondusif.

Menurutnya, brkaitan dengan fungsi dalam membantu memelihara keamanan, ketentraman dan ketertiban masyarakat, Satlinmas menjadi pendukung utama Babinsa dan Bhabinkamtibmas serta menjadi garda terdepan dalam tata kehidupan masyarakat secara umum.

“Tangan dan kaki kami terbatas pak, tidak mungkin bisa mengawasi setiap sudut Desa Candisari. Untuk itu, kami minta dukungan dari bapak dan ibu Satlinmas dalam pengamanan perayaan hari raya tahun ini. Semoga kampung kita ini aman dan kondusif,” tegas Koptu Sukarno. (Zaidi-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img