33 C
Demak
20 February 2024
spot_img

Lestarikan Ekosistem Pesisir Pantai, PMI Demak Taman Mangrove

Demak, Demaknews.id –  PMI Kabupaten Demak melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai Desa Bedono,

Demak, Demaknews.id –  PMI Kabupaten Demak melakukan penanaman mangrove di pesisir pantai Desa Bedono, Kecamatan Sayung.

Kepala Markas PMI Kabupaten Demak Ade Heriyanto mengatakan, sesuai dengan tema yang diusung, PMI Kabupaten Demak selalu bergerak bersama dalam berbuat kebaikan dengan titik utamanya terkait kemanusiaan. Ia mencontohkan kegiatan di hari Jumat (7/5/2021) kemarin yang merupakan donor darah massal gelombang ke-dua.

“Walaupun di dalam situasi pandemi dan bulan Ramadan, kita bersama-sama masyarakat membantu orang lain kaitannya dengan kebutuhan darah yang ada di Kabupaten Demak. Karena di bulan Ramadan khususnya mendekati Idul Fitri stok darah lebih menipis dibanding dengan hari biasanya,” katanya Sabtu (8/5/2021) di Markas PMI Kabupaten Demak.

Donor darah menurutnya merupakan salah satu kebaikan yang bisa dilaksanakan oleh masyarakat tanpa harus bersusah payah. Di samping membuat diri sendiri lebih sehat, kegiatan tersebut menjadi hal kritis bagi warga apabila terdesak membutuhkan stok darah.

“Karena kita tahu bersama, setetes darah mampu menyelamatkan jiwa sesama,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Ade mengatakan bahwa penanaman mangrove yang dilakukan pada tanggal 30 April kemarin menggandeng komunitas yang bergerak di bidang kebencanaan. Menurutnya, meskipun kegiatan semacam ini terlihat kecil, akan berdampak luar biasa jika dilakukan bersama. Adanya mangrove sendiri bisa mengurangi abrasi di pesisir pantai dan air rob.

“Saya, bersama pengurus, staf, dan relawan PMI Kabupaten Demak mengajak semua masyarakat untuk selalu waspada terhadap ancaman-ancaman bencana, dan melakukan hal-hal yang dapat mengurangi resiko terkait bencana. Hal seperti membuang sampah di tempatnya, menanam mangrove, dan donor darah, meskipun hal kecil jika dikerjakan bersama hasilnya bisa luar biasa,” pungkasnya. (Devan-03)

Related Articles

- Advertisement -spot_img