31 C
Demak
2 July 2023
spot_img

Menikmati Lezatnya Bakso Balungan Khas Demak

Demak, Demaknews.id – Selain kaya akan ragam budaya, Indonesia juga tak lepas dari khazanah kuliner nusantara, salah satunya bakso yang memiliki varian rasa beragam di masing-masing daerah.

Seperti halnya bakso khas Malang yang terkenal dengan sajian bakso dengan pangsit maka kawasan Pantura Jawa Tengah memiliki bakso balungan yang cukup populer khususnya di Demak.

Kuliner bakso identik dengan daging giling berkuah, namun yang membedakan adalah cara penyajian dan resep-resep pembuatan yang beragam.

Bakso balungan khas Demak misalnya, kuliner satu ini disajikan dengan potongan-potongan tulang berukuran kecil-kecil yang masih berlapis sedikit daging.

Jika anda berada di Demak, untuk menemukan kuliner satu ini pun cukup mudah, cukup berjalan dari Alun-alun Demak ke arah Makam Sunan Kalijaga, sepanjang jalan pasti akan menemui puluhan pedagang yang menjajakan bakso balungan.

Dari cita rasa yang ditawarkan, kuliner satu ini pun jadi buruan masyarakat, baik warga Demak sendiri maupun luar daerah.

Ulil Albab misalnya, pemuda yang asal Jepara ini mengaku sering mampir ke bakso balungan ketika berada di wilayah Demak. Salah tempat yang menjadi favoritnya adalah warung bakso balungan Prestasi.

“Sering kalau lewat Demak, ya suka aja. Pas gak buru-buru nyari bakso balungan. Seringnya sama temen-teman. Kadang di sini kadang tempat lain,” ujarnya kepada Jatengnews.id beberapa waktu lalu.

Menurut Ulil, apa yang membedakan bakso balungan khas Kabupaten Demak dari tempat lain adalah rasa dagingnya yang cukup beras.

“Enak, porsinya banyak harganya juga lumayan terjangkau. Pas lah di kantong,” ujarnya.

Ulil menambahkan, kapan-kapan lewat Demak lagi akan menjajaki salah satu makanan favoritnya itu di tempat lain juga. (Zaidi-03).

Related Articles

- Advertisement -spot_img